Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan agama islam di SMA Negeri 3 Malang.
Penulis : Miftakhul Munir
Tahun : 2012
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Pendidikan Agama Islam
Pembimbing : 1) Dr.H. Rasmianto, M.Ag..  2) Prof. Dr. H. Mulyadi, M. Pd.I..  
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, meningkatkan mutu, pembelajaran PAI.
Tujuan pendidikan agama Islam adalah bertujuan untuk menumbuhkan dan
meningkatkan keimanan peserta didik melalui pemberian dan pemupukan
pengetahuan, penghayatan, pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehinggga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan, ketakwaannya, berbangsa dan bernegara, serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. metode pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode wawancara, metode dokumentasi dan metode observasi.
penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif, metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru PAI terkait dengan mutu pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang sudah dilaksanakan secara optimal, hal ini dapat dilihat pada: 1) Strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang, dalam melaksanakan strategi pembelajaran ada beberapa langkah yang dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut: (a) Perencanaan pembelajaran, (b) Pelaksanaan pembelajaran, (c) Evaluasi pembelajaran, (d) Model strategi PAKEM, (e) Peningkatan profesionalisme guru. disini penulis tidak menemukan permasalahan yang begitu signifikan, karena Out put yang dihasilkan menunjukkan adanya peningkatan yang baik di SMAN 3 Malang. 2)Dampak dari strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI dapat dilihat dari (a) Prestasi akademik dan Prestasi non akademik, (b) Pembelajaranmenjadi efektif, (c) Pembelajaran menjadi efisien. 3) Faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang. Faktor pendukung itu antara lain (1) Faktor guru, (2) Lingkungan, (3) Sarana dan prasarana, (4) Faktor Siswa. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) Sarana dan prasarana, (2) Faktor siswa. Dan untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut telah diupayakan solusi alternatif yang memungkinkan terlaksananya Strategi
guru PAI dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya