Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Penyusunan Kurikulum dalam Pembelajaran Bahasa Arab di TPQ . (Penerapan di TPQ Al-Madin Joyo Suko Malang)
Penulis : Husnul Khotimah Halimatus Sa’diyah
Tahun : 2011
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing : 1) Dr. Faisal Adam Mahmud Ibrahim.  2) Dr. Nurul Murtadho Mahmudi M,Pd.  
Kata Kunci : Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab, TPQ

Sesungguhnya kurikulum adalah unsur pembelajaran yang sangat urgen. Setiap pembelajaran harus mempunyai kurikulum sebagai acuan dalam pembelajaran. Kurikulum mempunyai 5 komponen yang saling melengkapi satu sama lain. 5 komponen tersebut harus ditentukan dengan jelas sebelum pelaksanan proses pembelajaran agar pembelajaran lebih terarah dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan.Namun demikian, peneliti mendapati melalui hasil wawancara dengan pengajar bahasa Arab pada lembaga Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Madin bahwa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di TPQ ini belum terarah dengan jelas disebabkan tidak adanya kurikulum sebagai pedoman dalam proses pembelajaran.Hal ini menyebabkan siswa merasa jenuh dan tidak ada semangat dalam belajar bahasa Arab sehingga hasil yang didapatkan siswa pun tidak maksimal terutama dalam keterampilan mendengar, berbicara, membaca dan menulis.

Selanjutnya didasarkan masalah di atas, peneliti dengan pertimbangan pengajar bahasa Arab di TPQ tersebut, mengasumsikan bahwa penerapan kurikulum merupakan solusi atas permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab. Asumsi tersebut peneliti ambil dengan pertimbangan bahwa kurikulum adalah sebuah pedoman yang harus dimiliki oleh setiap lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran.

Selanjutnya berdasarkan permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan/rumusan penelitian sebagai berikut “sejauhmana efektifitas penerapan kurikulum dalam meningkatkan ketrampilan bahasa arab siswa di TPQ al-Madin tahun ajaran 2010-2011 dan termasuk jenis apakah kurikulum yang sesuai dengan pembelajaran di TPQ ini serta bagaimana menyusun sebuah kurikulum tersebut?

Dengan demikian hipotesis dari penelitian ini adalah bahwa penerapan kurikulum dapat meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa. Jenis kurikulum di TPQ ini adalah kurikulum kontekstual. Adapun penyusunan kurikulum harus sesuai dengan tahap penyusunan sebuah kurikulum.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kurikulum yang telah ditetapkan dalam pembelajaran bahasa Arab di TPQ, untuk menyusun kurikulum baru dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas kurikulum baru dalam pembelajaran bahasa Arab di TPQ Al-Madin.

Untuk mencapai tujuan itu, peneliti menggunakan penelitian R&D yang terdiri dari 8 tahap yaitu pengumpulan data, penyusunan kurikulum dasar, uji pakar, perbaikan setelah uji pakar, uji pakar, penyusunan kurikulum, penerapan dalam seebuah penelitian dan evaluasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, angket, dokumenter dan tes.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan kurikulum terbukti efektif meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa di TPQ Al-Madin tahun akademik 2010-2011 dengan melihat kenyatan: 1) siswa belajar bahasa arab dengan memakai silabus yang lama tidak begitu senang dan semangat dan ketika diterapkan kurikulum baru para siswa nampak antusias dan semangat dalam mengikuti pelajaran bahasa Arab 2) kemampuan siswa yang telah memakai kurikulum baru dalam bahasa arab semakin meningkat, dengan bukti hasil tes siswa antara kelompok yang menerapkan kurikulum baru dengan yang tidak menerapkan kurikulum baru sangat berbeda. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes mereka melalui pre test dan post test. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa jenis kurikulum yang sesuai dengan TPQ khusunya TPQ Al-Madin ini adalah kurikulum kontekstual yaitu kurikulum yang disusun sesuai dengan kebutuhan siswa dan cara penyusunan kurikulum sesuai dengan langkah-langkah pengembangan kurikulum. Adapun penerapan kurikulum sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa arab siswa TPQ Al-Madin Joyo Suko Malang Tahun Pelajaran 2010-2011.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya