Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Kemahiran Berbicara dengan Perspektif Contextual Teaching and Learning di Pusat Bahasa, Agama dan Budaya Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Penulis : FITRI ZAKIYAH
Tahun : 2011
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing : 1) Dr. Gareeb Allah Babiker.  2) Dr. Nurul Murtadho.  
Kata Kunci : Kurikulum, Pendekatan Kontekstual dalam Pengajaran dan Pembelajaran, Keterampilan Berbicara.
Kurikulum merupakan hal yang sangat urgen dalam sistem
pendidikan.  Kurikulum berperan pent ing dalam menentukan keberhasilan sebuah
pembelajaran karena mencakup banyak hal yang terkait di dalamnya, yang
meliputi tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran dan evaluasi.  Oleh
karena itu, seorang pengajar dituntut untuk mampu memahami dan mendesain
kurikulum yang baik sesuai dengan kebutuhan siswa.  
Berdasarkan riset yang telah penelit i lakukan, materi yang terdapat
dalam buku ajar di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta tidak sesuai dengan konteks kehidupan dan kebutuhan siswa. Selain
itu tidak terdapat ujian lisan dalam proses evaluasi, sedangkan pembelajaran
bahasa ditekankan pada kemampuan komunikasi.  
Penelit ian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum
keterampilan berbicara dengan perspektif Pengajaran dan Pembelajaran
Kontekstual di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga
Yogyakarta.  
Jenis penelitan dalam tesis ini adalah penelitian pengembangan
(R&D). Penelit ian ini digunakan untuk mengembangkan sebuah kurikulum  yang
ada di Pusat Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun
ajaran 2011-2012. Adapun instrumen penelit ian yang digunakan adalah observasi,
interview, dokumentasi dan angket.
Hasil penelit ian ini berupa kurikulum pembelajaran kemahiran berbicara dengan
menggunakan perspektif Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual di Pusat
Bahasa, Budaya dan Agama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mencakup
tujuan pembelajaran, materi, metode pembelajaran dan model evaluasi. Karena
keterbatasan waktu, penelit i t idak mengimplementasikan hasil penelit ian dan
menggant inya dengan uji ahli kurikulum bahasa Arab dari universitas yang
bersangkutan.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya