Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Pelaksanaan Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam pada Kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Ibtidaiah Jayapura
Penulis : MARWAN SILEUW
Tahun : 2009
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Manajemen Pendidikan Islam
Pembimbing : 1) Dr. H. M. Mujab, MA.  2) Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M. Si.  
Kata Kunci : Pelaksanaan Supervisi, Kegiatan Belajar Mengajar

Supervisi adalah bantuan yang diberikan supervisor kepada guru (bawahan) agar ia mengalami pertumbuhan secara maksimal dan integral baik profesi maupun pribadinya. Namun program supervisi/pengawasan yang dilakukan oleh pengawas selama ini menurut peneliti belum terlaksana secara baik. Padahal supervisi sangat berpengaruh besar dalam mencapai mutu suatu lembaga pendidikan. Justeru itu tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pengawas pendidikan agama Islam, dan implikasi dari efektifitas pelaksanaannya di madrasah ibtidaiah Jayapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis melalui rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Adapun temuan penelitian ini mencakup beberapa hal secara umum sebagai berikut:

1. Pelaksanaan supervisi oleh pengawas pendidikan agama Islam pada kegiatan belajar mengajar di MI As-sholihin, MI Darul Ma arif, dan MI Nurul Huda Jayapura ditempuh melalui empat komponen yakni (1) proses/langkah supervisi meliputi; persiapan, pelaksanaan kegiatan supervisi dan tindak lanjut dan instrumen penilaian, (2) gaya supervisi yang digunakan yakni gaya demokrasi (3) teknik/metode supervisi yang digunakan meliputi; teknik kunjungan lansung dan teknik tidak kunjungan langsung, dan (4) problem supervisi yang di hadapi meliputi problem dari guru, anak, kepala madrasah, pengawas, dan dari Departemen Agama.

2. Efektifitas pelaksanaan supervisi oleh pengawas agama berimplikasi pada; (1) kesiapan pihak madrasah untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi persoalan itu belum berjalan secara baik. (2) persepsi dari ketiga madrasah baik itu MI As-sholihin, MI Darul Ma arif, dan MI Nurul Huda, terhadap persoalan progran pengawasan oleh pengawas agama secara umum adalah baik. (3) sedangkan keberhasilan (tolak ukur) dari pelaksanaan supervisi meliputi; keberhasilan fisik madrasah, jumlah siswa, dan prestasi siswa madrasah.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya