Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Hubungan Antara Religiusitas Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Putri Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Penulis : Ima Hikmatul Khoir
Tahun : 2011
Fakultas : Psikologi
Jurusan : Psikologi
Pembimbing : 1) Retno Mangestuti, M.Si.  
Kata Kunci : Religiusitas, perilaku konsumtif

Islam mengatakan, konsumsi tidak dapat dipisahkan dari peranan
keagamaan. Peranan keimanan menjadi tolak ukur penting karena keimanan
memberikan cara pandang dunia yang cenderung mempengaruhi kepribadian
manusia, yaitu dalam bentuk perilaku, gaya hidup, selera, sikap-sikap terhadap sesama manusia. Keimanan sangat mempengaruhi sifat, kuantitas dan kualitas konsumsi baik dalam bentuk kepuasan material maupun spiritual.

Konsumtif lebih khusus menjelaskan keinginan untuk mengkonsumsi
barang-barang yang sebenarnya kurang diperlukan secara berlebihan untuk
mencapai kepuasan yang maksimal. Bisa diakatakan sikap konsumtif adalah sikap menggunakan sesuatu tidak sesuai dengan keperluannya. Bisa juga diartikan sikap boros dalam menggunakan barang dan jasa. Sikap ini muncul karena pengaruh iklan-iklan produser yang begitu gencar. Melihat iklan-iklan ini orang jadi tertarik untuk menggunakan atau memakai produk mereka walaupun si pemakai belum tentu butuh, mungkin hanya karena gengsi dan hal lain.

Mahasiswa yang memiliki religiusitas yang tinggi akan berperilaku sesuai
dengan ajaran islam. Penguasaan landasan keilmuan ini menjadi modal besar bagi mahasiswa UIN dalam memahami keseluruhan aspek keilmuan islam, yang digambarkan sebagai pokok pohon yang menjadi jati diri mahasiswa.
Penelitian dilakukan pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam
Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Rancangan penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi
penelitian yang diteliti adalah mahasiswa putri fakultas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan sampelnya Mahasiswa Putri Fakultas
psikologi sebanyak 51 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket religiusitas dan angket perilaku konsumtif dengan menggunakan model skala Likert. Analisis deskriptif menggunakan kategori Mean dan standar deviasi. Analisis korelasional menggunakan teknik analisis korelasi product moment dengan reliabilitas sebesar -0.005.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara religiusitas dengan perilaku konsumtif yang ditunjukkan dengan reliabilitas sebesar -0.005 (p> 0,005).

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya