Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Konsep Pendidikan Menurut Imam Ghozali Dalam Kitab Ayyuhal Walad
Penulis : Ani Rosidatul Ilma
Tahun : 2011
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing : 1) H. Muhammad Asrori, M. Ag.  
Kata Kunci : Konsep Pendidikan, Al Ghozali, Ayyuhal Walad
Seorang anak yang dilahirkan ke dunia masih dalam keadaan fitrah, bersih tanpa dosa. Orang tuanyalah yang memberikan pandangan, yang pertama memberikan wawasan, yang pertama kalimembisikkan kata, suara adzankah yang dibisikkan oleh ayahnya atau suara baptis seorang pastur. Apa yang dibisikkan itu akan menjadi dasar hidupnya, menjadi tujuan hidupnya dan menjadi gaya hidupnya. Al Ghazali sependapat dengan hal tersebut, bahwa manusia ini lahir masih dalam keadaan suci dan perlu dididik untuk mencapai tujuan kehidupan yaitu dekat dengan pencipta. Hal inilah yang mendasari penulis untuk menulis tentang konsep pendidikan yang mengacu kepada pemikiran pemuka islam yaitu Imam Al Ghozali.
Dengan latar belakang tersebut, Rumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana Konsep Pendidikan Menurut Imam Ghazali dalam Kitab “Ayyuhal Walad” judul diatas bertujuan untuk mengetahui Konsep pndidikan menurut Imam Ghazali dalam kitab “Ayyuhal Walad”
Kajian Pustakanya adalah: pengertian pendidian, tujuan pendidikan, pendidik, pewserta didik dan metode pendidikan. Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan pendekatan analisis deskriptif , jenis penelitian “library research”. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi, dengan menggunakanan data primer dan skunder primernya adalah kitab Ayyuhal Walad, sedangkan data sekundernya adalah buku – buku yang dianggap relevan. antara lain: Terjemahan Jawa kitab “Ayyuhal Walad”, Terjemahan Indonesia Ayyuhal Walad”, Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid Studi Pemikiran Tasawuf Al-Ghazali, Aliran-aliran dalam Pendidikan: Studi tentang Aliran Pendidikan Menurut al-Ghazali, tem Pendidikan Islam Versi Al Ghazali, Sulaiman, Filsafat Pendidikan Islam, Riwayat Hidup Imam al-Ghazali, Menghidupkan Kembali Ilmu-ilmu Agama, Perbandingan Pendidikan Islam. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis, menggunakan teknik analisis data deskriptif dan Content Analisi.
Hasil dari penelitian adalah bahwa konsep pendidikan menurut Imam Ghazali meliputi 4 hal yaitu: 1. tujuan pendidikan, bahwa manusia diciptakan hanya untuk menyembah kepada Allah. 2. Pendidik. Seorang pendidik hrus mempunyai sifat alim dan berakhlaqul karmah bisa membuang akhlak tercela dari dalam diri anak didik dengan mendidik dan menggantinya dengan akhlak yang baik. 3. Anak didik, bahwa seorang anak didik harus mempunyai sifat Tawadhu’, Mengetahui nilai dan tujuan pendidikan, Bersungguh-sungguh dalam belajar, Mengamalkan ilmu yang telah diperoleh, dan Ikhlas. 3. Metode pendidikan.metode yang digunakan imam Ghazali adalah Kisah/cerita, menasehati , teladan. Dan imam Ghazali tidak setuju dengan metode hukuman.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya