Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Pengembangan Pembelajaran Wazan Sorof Arab dengan Mengunakan Teknik Pengajaran Sinergis (Di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing Nurul Islam Karang Cempaka Bluto Sumenep)
Penulis : FUJIANTO
Tahun : 2008
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Pendidikan Bahasa Arab
Pembimbing : 1) Dr. Mohamed Ahmed Omer.  2) Dr. Torkis Lubis.  
Kata Kunci : Pengembangan Pembelajaran Wazan Sorof Arab, Pengajaran Sinergis
Pembelajaran ilmu sorof di Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Nurul
Islam dengan menggunakan metode pembelajaran tasrifan yaitu dengan memperkenalkan
wazan-wazan kata arab kemudian kata-kata lain dipersamakan dengan wazan tersebut.  
Misalnya dalam tsulasi mujarrad  terdapat enam wazan yaitu (1)
`^`aQbb^bc (2) `^baQbb^bc (3)
`^daQb b^bc(4) `^baQb b^dc (5)  `^daQb b^dc (6) ^`aQb b^`c . Teknik pembelajaran yang digunakan
adalah dengan cara guru membacakan wazan tertentu kemudian menjelaskan sepintas dan
menyuruh siswa untuk membaca contoh-contoh kata (mauzun)
Wazan-wazan ini diberlakukan secara umum untuk semua kata bahasa Arab yang
terdiri dari tiga huruf baik untuk kata-kata yang shahih atau mu’tal. Ukuran benar dan
salahnya berkaitan dengan wazan-wazan tersebut. Persoalan yang mucul sesudahnya
adalah ketika wazan-wazan tersebut diterapkan pada kata yang ada huruf illatnya (mu’tal)
karena pada bentuk mu’tal tasrifannya tidak persis seperti wazan-wazan tersebut, kadangkadang
ada huruf yang dibuang, diganti dan ditukar posisi.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mentasrif
kata-kata bina’mu’tal dari fi’il madhi, fi’il mudhari’, masdar dan fi’il amar dengan
menerapkan pengembangan wazan sorof Arab dengan mempergunakan teknik pengajaran
sinergis.
Rumusan masalahnya adalah Sejauh mana pengembangan pembelajaran wazan
sorof dengan mengunakan teknik pengajaran sinergis dapat meningkatkan kemampuan
siswa dalam mentasrif kata-kata mu’tal di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto
Sumenep?
Jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Objek
penelitiannya adalah di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep. Sasarannya
adalah siswa kelompok B. penelitian ini dilakukan dalam dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada siklus pertama terdiri
dari empat pertemuan dan pada siklus kedua terdiri dari dua pertemuan.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pengembangan wazan sorof dengan
mengunakan teknik pengajaran sinergis dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
mentasrif kata-kata mu’tal di LPBA Nurul Islam Karangcempaka Bluto Sumenep
kelompok B. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan nilai siswa setelah diadakannya
pembelajaran dari pre test dan post test.  Pada nilai pre test kebanyakan siswa berada
pada tingkat makbul dan setelah diadakan pembelajaran pengembangan wazan sorof
dengan mengunakan teknik pengajaran sinergis, nilai post test siswa  berada pada tingkat
mumtaz

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya