Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Studi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kerukunan Antar umat Beragama Bagi Siswa di SMA Negeri 2 Malang
Penulis : Atyk Setyaningsih
Tahun : 2010
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing : 1) Dr. H. M. Zainuddin, MA.  
Kata Kunci : Kompetensi Guru PAI, Kerukunan
Guru merupakan suatu prefesi yang selalu mendapatkan perhatian, baik di
lingkungan sekolah maupun di lingkungan masyarakat. Tugas guru yang mulia ini
memiliki tanggungjawab yang besar akan keberhasilan proses pembelajaran
dalam rangka untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam menjalankan tugasnya
diera globalisasi ini seorang guru dituntut untuk lebih profesional dan memiliki
kompetensi yang telah dicanangkan di dalam undang-undang guru dan dosen
yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan
kompetensi kepribadian. Oleh karena itu, perlu untuk diketahui tentang
kompetensi guru dalam menumbuhkan kerukunan antar umat beragama bagi
siswa di SMA Negeri 2 Malang serta bagaimana proses guru dalam
menumbuhkan kerukunan antarumat beragama.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui bagaimana
kompetensi guru PAI dalam menumbuhkan kerukunan antar umat beragama, serta
bagaimana proses menumbuhkan kerukunan antar umat beragama di SMA Negeri
2 Malang. Penelitian yang peneliti lakukan ini, termasuk dalam penelitian
deskriptif kualitatif. Terkait dengan penelitian ini yang di jadikan sumber data
sekaligus informan adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala
sekolah bidang kesiswaan, dan guru pendidikan Agama Islam, serta siswa SMA
Negeri 2 Malang. Peneliti menggunakan beberapa metode dalam melakukan
penelitia yaitu metode interview, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan
analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Malang dapat
digambarkan di sini bahwasannya kompetensi guru PAI di SMA Negeri 2 Malang
telah memenuhi aspek menjadi guru profesional, yaitu di lihat dari tingkat
pendidikan minimal untuk SMA adalah sudah menjadi sarjana pendidikan agama
sehingga memiliki wewenang dalam pelaksanaan proses belajar mengajar dan
bimbingan dalam bidang keagamaan. Selain itu mempunyai kemampuan berupa
penguasaan terhadap bahan ajar, pencana pengajaran, kemampuan pengajaran dan
menciptakan hubungan yang harmonis di sekolah.
Sedangkan proses menumbuhkan kerukunan antar umat beragama di sekolah
dilakukan dengan memberikan bimbingan pada saat memperingati hari –hari besar
nasional ataupun hari-hari besar keagamaan. Selain itu mengirimkan perwakilan
sekolah ke acara-acara kerukunan umat beragama.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya