Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Perencanaan Strategis dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Malang I
Penulis : Khairul Umam
Tahun : 2007
Fakultas : Pasca Sarjana
Jurusan : S2 Manajemen Pendidikan Islam
Pembimbing : 1) Dr. M. Samsul Hady, M.Ag..  
Kata Kunci : Perencanaan Strategis, Mutu

Mutu pendidikan tidak terjadi begitu saja. Ia harus direncanakan. Mutu harus menjadi bagian penting dari strategi institusi, dan harus didekati secara sistematis dengan menggunakan proses perencanaan strategis. Perencanaan strategis itu sendiri merupakan proses memutuskan program-program utama yang akan dilakukan suatu organisasi atau lembaga pendidikan dalam rangka implementasi strategi dan menaksir jumlah sumber daya yang akan dialokasikan untuk tiap program. Perencanaan strategis merupakan fokus yang dilakukan dalam perencanaan secara konstan pada hal-hal yang sangat penting dan mendasar dengan memperhatikan perubahan lingkungan yang akan terjadi. Tujuan utama disusunnya rencana strategis adalah untuk dapat melihat secara obyektif, tajam dan realistis kondisi-kondisi eksternal dan internal, sehingga dapat mengantisipasi perubahan lingkungan yang akan terjadi. Terkait dengan itu melaksanakan perubahan sebagai bentuk dari tujuan rencana strategis tidaklah gampang. Banyak sekali hambatan perubahan seperti sulitnya para staf menyesuaikan dengan perubahan baru. Lebih lanjut manajemen perubahan secara konstan akan mengakibatkan kesulitan-kesulitan dalam menjaga keseimbangan yang pas antara yang ada dan yang baru, serta antara pemeliharaan dan perubahan, sebagaimana menjadi ciri khas institusi pendidikan berbasis keagamaan dengan kaidah ”almuhafadhah ’ala alqomidi asshalih wa al akhdu bi al jadidi al ashlah.”

Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu lulusan dilakukan. Latar penelitian diambil di Madrasah Aliyah Negeri Malang I yang telah berhasil mencapai prestasi sebagai Madrarah Aliyah reguler terbaik se-Jawa Timur. Fokus penelitian ini ditekankan pada bagaimana implementasi perencanaan strategis dilakukan dalam upaya peningkatan mutu lulusannya. Rumusan masalahnya sebagai berikut: (1) bagaimana proses implementasi perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu lulusan di MAN Malang I dilakukan?; dan (2) apa saja faktor yang dipertimbangkan dalam proses perencanaan strategis?

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling kemudian berlanjut snowball sampling. Subjek penelitiannya yaitu, Kepala Madrasah, Wakil-wakil Kepala Madrasah, Guru dan Karyawan. Sementara teknik pemeriksaan keabsahan datanya dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik induksi dan prosedur berikut : 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) penarikan kesimpulan.

Penelitian ini menghasilkan temuan tesis, yaitu : “upaya peningkatan mutu lulusan dapat dilakukan dengan baik melalui perencanaan strategis dengan peramalan, pemprograman, pelibatan serta pengambilan keputusan yang bersifat tradisional-partisipatoris”

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya