Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak di Kalangan Wanita Bekerja di Dusun Kesiman Lecari Sukorejo Pasuruan
Penulis : Chusniah
Tahun : 2010
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing : 1) Drs. H. MASDUKI, M. A.  
Kata Kunci : Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Anak di Kalangan Wanita Bekerja

Sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin global dan semakin maju saat ini, manusia sebagai makhluk sosial dituntut untuk selalu berusaha dan menciptakan karya-karya baru dalam kehidupannya. Dan demi kelangsungan hidup yang lebih maju saat ini, bukan hanya kaum laki-laki yang mampu mencari nafkah keluarga sebagaimana mestinya. Tetapi kaum wanita juga mampu mencari nafkah guna membantu perekonomian keluarg, demi kelangsungan hidup, dan pemenuhan kebutuhan hidup keluarganya.

Dengan bekerjanya seorang wanita (ibu) di luar rumah tidak akan mampu membantu aktifitas ibu itu sendiri terhadap pelaksanaan pendidikan agama Islam bagi anak dalam keluarga, untuk mendampinginya belajar akan kurang karena ibu merasa lelah setelah bekerja, namun untuk mempermudah ibu mengajarkan pendidikan Agama Islam pada anak, ada beberapa metode pelaksanaan pendidikan agama Islam pada anak yang bisa diterap oleh seorang ibu dalam keluarga, yaitu: 1. Metode keteladanan, 2. Metode pembiasaan, 3. Metode pemberian nasehat, 4. Metode hukuman.

Adapun dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode sampling research yang berarti penelitian ini tidak meneliti semua populasi tetapi hanya meneliti sebagian saja yang menjadi wakil populasi, yaitu sebagian keluarga penduduk dusun Kesiman Lecari Sukorejo Pasuruan, berjenis kelamin perempuan yang bekerja diluar rumah. Dan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini penulis menggunakan beberapa metode, yaitu; 1. Metode Observasi, 2. Metode Wawancara 3. Metode Dokumen.

Sedangkan untuk menganalisis data yang ada penulis menggunakan beberapa teknik yaitu; teknik analisis deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis data kualitatif (nomerial/ bukan angka) dan penggunaan teknik bersifat kuantitatif yang berupa (angket). Dan berdasarkan data hasil penelitian yang penulis peroleh, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa sebagian besar ibu yang bekerja di luar rumah atas izin suami dan mereka bekerja untuk membantu perekonomian keluarga. Disamping itu mereka yang sangat memperhatikan pendidikan putra-putrinya cukup dan bisa dikatakan baik.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya