Tugas Akhir » Detail Tugas Akhir
PENGEMBANGAN KURIKULUM TARBIYAH (Studi Analisis Problema Distribusi Mata Kuliah PAI di Fakultas Tarbiyah UIN Malang tahun 2006).
Penulis : Khurin Rakhmawati
Tahun : 2007
Fakultas : Tarbiyah
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing : 1) Drs. H. Agus Maimun, M. Pd .  
Kata Kunci : Kurikulum, Distribusi Mata Kuliah
Kurikulum adalah perencanaan pembelajaran, karena itu kurikulum harus
direncanakan untuk menghasilkan produk yang diiinginkan oleh sebuah lembaga. Karenanya
kurikulum akan dapat mengukur seberapa berhasilkah visi misi sebuah lembaga. Sebagai
salah satu bagian dari perguruan tinggi Islam, Fakultas Tarbiyah adalah fakultas yang akan
mencetak mahasiswa menjadi tenaga pendidik agama Islam pada jalur pendidikan formal dan
non formal yang mencakup kompetensi lulusan memiliki kompetensi dalam merencanakan
dan melaksanakan proses pembelajaran PAI, melakukan pembimbingan dan pelatihan pada
jenjang pendidikan dasar dan menengah dan jenis pendidikan keagamaan Islam juga
membimbing dan menggerakkan kegiatan keagamaan Islam dan menjadi tenaga kependidikan
Islam yang mencakup memiliki kompetensi dalam membentuk, mengelola dan
mengembangkan program pendidikan keagamaan Islam.
Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui bagaimana fakultas Tarbiyah menata
kurikulumnya sehingga akan menghasilkan produk yang diinginkan fakultas ini. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif deskriptif. Peneliti disini menggunakan cara observasi
partisipatif, karena itu peneliti juga mengamati beberapa distribusi mata kuliah yang
dipasarkan, serta peneliti melakukan wawancara kepada beberapa pihak yang dianggap cocok
dan representatif dalam penelitian ini seperti Pembantu Dekan I, Kepala Jurusan Tarbiyah,
serta kepala BAAK.
17
Kebijakan pemerintah yang terus menerus “berubah” dari keputusan menteri Agama
RI Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum inti Perguruan Tinggi dan Keputusan Menteri
Agama RI Nomor 353 tahun 2004 tentang pedoman penyusunan kurikulum pendidikan tinggi
agama Islam, juga karena perubahan bentuk UIIS menjadi UIN mengakibatkan penataan
kurikulum fakultas Tarbiyah ikut berubah dan tidak menentu sehingga peneliti menemui
beberapa kejanggalan dari penataan mata kuliah yang dipasarkan terutama pada pengkodean
mata kuliah mulai dari 2003 sampai 2007 ini, akan tetapi peneliti hanya membatasi penelitian
ini hanya pada distribusi mata kuliah tahun 2006.
Kurikulum fakultas Tarbiyah pada tahun 2006 masih menggunakan kurikulum
berbasis kompetensi, dimana fakultas Tarbiyah PAI mendesaign kurikulumnya menjadi 3
kompetensi mata kuliah. Yang pertama adalah Mata Kuliah Kompetensi Dasar, yang kedua
Mata Kuliah lingkup kompetensi utama, yang ketiga mata kuliah lingkup kompetensi
pendukung.Adapun yang mendasari distribusi mata kuliah tersebut adalah didasarkan pada
pedoman universitas yang harus dijabarkan oleh masing-masing fakultas, selanjutnya fakultas
Tarbiyah menata kurikulumnya sesuai dengan kompetensi lulusan yang dicapai. Peneliti juga
melihat fakultas tarbiyah mendistribusikan mata kuliah pendukung yang berorientasi pada
pengembangan minat dan bakat mahasiswa yang ingin mengembangkan keilmuannya
dibidang lain seperti pendidikan kewirausahaan dan pendidikan seni religius.
Fakultas Tarbiyah mempunyai kiat untuk mengantisipasi problem tersebut, yaitu
dengan cara membuat manual prosedur, mensosialisasikan, membakukan serta menaati
prosedur tersebut sehingga tidak ada orang yang mampu melanggar prosedur itu.

Laporkan Error || Halaman Sebelumnya